Pengertian Domain Dan Fungsinya

Pengertian Domain Dan Fungsinya

Pemahaman Domain

Domain menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia bisa bermakna, daerah, wilayah, serta ranah. Nama domain (domain name) ialah nama unik yang diberi untuk mengenali nama server computer seperti situs server atau e-mail server di jaringan computer atau internet. Nama domain berperan untuk memudahkan pemakai di internet di saat lakukan akses ke server, kecuali digunakan untuk mengingat nama server yang didatangi tak perlu mengenali jejeran angka yang susah yang diketahui untuk alamat IP. Nama domain ini dikenal juga untuk satu kesatuan dari satu situs situs seperti misalnya “wikipedia.org”. Nama domain terkadang disebutkan juga dengan arti URL, atau alamat web.

Elemen Domain Name Sistem (DNS)

(Apa pemahaman pakar) Berdasar buku pengantar jaringan computer, ada 3 sisi yang memberikan dukungan performa Domain name sistem yakni:

Domain Name sistem resolvel, ialah satu program DNS klien yang digerakkan pada computer user serta membuahkan DNS request program aplikasi yang berperan untuk menjawab pertanyaan program aplikasi mengenai domain

Recursive Domain name sistem server, yang akan meneruskan penelusuran Domain name sistem lewat tanggapan (balasan) query dari resolver serta kembalikan jawaban ke resolver

Baca Juga : Jasa Website Medan

Authoritative Domain Name Sistem Server, ialah sisi yang menyelesaikan jawaban jawaban keluar ke query dari recursor, pada masing-masing sisi jawaban atau sisi dari pemilihan atau penyerahan

Domain Name sistem Server ada 3 tipe yakni:

Cache, tipe ini tidak mempunyai data nama nama host dari domain spesifik. Cuma cari jawaban dari beberapa domain name sistem server serta simpan hasil di cache-nya untuk kepentingan akan datang

Primary (master) ialah dns server yang simpan daftar komplet dari satu domain yang diurus. Misalnya server blogger.com memiliki kewenangan penuh atas domain : http://www.apapengertianahli.com/

Secondary (slave) ialah cadangan dari primary server jika server penting crash atau untuk memudahkan pendelegasiannya. Server sekunder memuat daftar komplet dari satu domain, sama dengan primary domain server

(Apa pemahaman pakar) Jadi bisa diambil kesimpulan dengan cara abal abal jika domain name ialah satu skema penamaan alamat internet yang berbentuk manusiawi. Ini sebab alamat IP berbentuk angka angka yang susah dihapal seperti 212.53.64.01. Ada domain name membuat penamaan alamat internet prosedur jadi gampang serta mudah dikenang. Contohnya www.Kompas.com atau www.yahoo.com. Domain name bisa disebutkan untuk alamat rumah virtual seorang di internet.

Dalam SEO ada istilah-istilah yang terkait langsung dengan domain salah satunya:

Root Domain ialah teratas level hierarchy satu domain atau juga bisa disebutkan domain “akar” yang kita membeli dari registrar.

Contoh root domain:

.blogspot.com

.fakhrikmt.com

Subdomain ialah “third level” satu nama domain yang disebut sisi dari top-level domain yang semakin besar.

Top-Level Domain (TLD) misalnya seperti.com ialah extensions yang berkaitan dengan nama satu domain.

Extension meaning:

.com = commercial organization

.edu = educational institution

.net = network provider

.biz = Business

.org = organization

.informasi = Information

Exact match domain (EMD) dapat disimpulkan jika keyword yang kita incar tepat sama juga dengan domain.

Contoh:

Kata kunci (keyword): modif motor paling baru

Domain: http://modifmotorterbaru.com

Beberapa waktu lalu Exact match domain dilihat benar-benar powerful untuk SEO, tapi sesudah EMD update, banyak situs EMD kehilangan traffic. Tapi sampai sekarang ini EMD masih punya pengaruh baik untuk SEO.

Kata kunci (keyword) on Domain (KOD) yakni keyword ada pada domain.

Branded Domain ialah domain yang beridiri sendiri, kekhasan tertentu serta dapat jadi adalah merek anda.

Contoh:

Kata kunci (keyword): modif motor

Domain: http://modifkangderi.com

Salah satunya kelebihan Branded Domain untuk membuat merek anda.

Domain yang baik untuk SEO:

Domain gampang di ingat, gampang untuk dicatat/diketik, serta tidak panjang.

Panjang Domain kurang dari 15 ciri-ciri

Memakai Teratas Level Domain (TLD) contoh:.com,.net,.org.

Keyword-rich domains; Dalam meregister satu domain sebaiknya jadi perhatian mengenai faktor merek serta kata kunci (keyword) tersebut. Ini sebab domain termasuk juga salah satunya factor mesin pencari dalam tentukan rangking.Disamping itu mempunyai domain yang masih tetap berkaitant dengan kata kunci (keyword) benar-benar berguna untuk SEO. Untuk contoh; Saat kita optimasi dengan naked URL karena itu URL itu masih berkaitant dengan kata kunci (keyword) yang kita incar. Mempunyai keyword dalam nama domain bisa mempunyai efek positif pada rangking di mesin pencari.

Ada beberapa jenis tipe domain, semasing domain itu mempunyai arti spesial yang terkait dengan tipe web yang akan anda incar, di bawah ini contoh-contoh dari domain:

1. Domain.com

Domain.com adalah teratas level domain pada Domain Name Sistem. Nama.com diambil dari kata commercial, yang awalannya diperuntukkan untuk organisasi komersil, tetapi selanjutnya dibuka untuk maksud umum. Misalnya adalah google.com, youtube.com, facebook.com serta ada banyak lagi.

2. Domain.net

Domain.net adalah generic teratas level domain pada Domain Name Sistem. Nama.net diambil dari kata network, yang awalannya diperuntukkan untuk organisasi yang bergulat dalam tehnologi jaringan seperti penyuplai service internet serta perusahaan infrastruktur yang lain. Tetapi selanjutnya batasan itu tidak dipatuhi hingga pemakaian domain.net jadi terbuka untuk maksud umum serta jadi pilihan lain untuk alternatif domain.com. Misalnya telkom.net, flagpedia.net, asp.net serta ada banyak lagi.

3. Domain.org

Domain.org adalah generic teratas level domain pada Domain Name Sistem. Nama.org diambil dari kata organization, yang awalannya diperuntukkan untuk organisasi yang berbentuk non-profit. Tetapi selanjutnya batasan itu tidak diresmikan serta sudah dihapus, hingga domain ini bisa dipakai pada umumnya, umumnya dipakai oleh sekolah, poyek yang berbentuk opensource, komune serta dapat dipakai untuk hal yang berprofit. Misalnya wikipedia.org, opensource.org, sgiaedu.org serta ada banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *